Restrukturisasi hutang pt great river international

Berbagai definisi kesulitan keuangan perusahaan dari para pakar akan dikemukakan. Walaupun definisi tersebut berbeda-beda, terutama bila dibandingkan antara definisi pada riset-riset awal dan riset-riset terkini, namun dapat dikatakan bahwa kesulitan keuangan perusahaan adalah suatu keadaan perusahaan yang tidak dapat memenuhi kewajibannya.

Restrukturisasi hutang pt great river international

Great River Garments Industries. Pada awalnya, PT Great River International mengalami perkembangan yang sangat pesat hal ini ditandai dengan diperolehnya beberapa kali penghargaan dari majalah Asiamoney dan berhasil lulus sertifikasi ISO untuk quality management.

Namun mulai tahunPT. Sedangkan total aset yang dimiliki diperkirakan sebesar Rp1. Perusahaan garmen PT Great River International Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp 1, trilyun per Septembermelonjak dari periode yang sama tahun sebelumnya yang masih membukukan rugi bersih Rp 11, milyar.

Lonjakan laba bersih itu lebih disebabkan adanya pendapatan pos luar biasa dari hasil restrukturisasi utang sebesar Rp 1, trilyun. Dari total utang sebesar ,5 juta dollar AS, Great River memperoleh potongan utang hair cut sebesar 85 persen atau untuk setiap dollar utangnya, perseroan hanya membayar 15 sen.

Secara langsung, pendapatan dari pos luar biasa tersebut tidak mempengaruhi aliran dana tunai cashflow perusahaan, tetapi mengubah struktur keuangan perseroan menjadi positif. Sebagaimana dialami berbagai emiten lainnya, perusahaan garmen ini mengalami kesulitan keuangan semenjak krisis ekonomi tahun Melonjaknya nilai tukar dollar AS terhadap rupiah membuat nilai utang perseroan melejit ke atas.

Proses restrukturisasi yang sudah dirintis manajemen selama 4 tahun, sejak tahun tersebut akhirnya membuahkan hasil dengan penandatanganan scheme buy back skema pembelian kembali utang pada bulan Agustus Pada tahunsalah satu pemegang saham PT.

Selain itu, RUPLSB juga akan meminta persetujuan soal restrukturisasi seluruh utang perseroan yakni mengkonversi sebagian atau seluruh utang menjadi saham perseroan.

Termasuk pula persetujuan soal penambahan modal sehubungan dengan konversi sebagian atau seluruh utang perseroan menjadi saham perseroan. Akuntan publik Justinus Aditya Sidharta diindikasi melakukan kesalahan dalam mengaudit laporan keuangan PT.

USAID IUWASH Annual Progress Report 5 (Oct - Sept ) by Virgi F. Tan - Issuu

Great River Internasional, Tbk. Kasus tersebut muncul setelah adanya temuan auditor investigasi dari Bapepam yang menemukan indikasi penggelembungan account penjualan, piutang dan asset hingga ratusan milyar rupiah pada laporan keuangan Great River yang mengakibatkan perusahaan tersebut akhirnya kesulitan arus kas dan gagal dalam membayar utang.

Berdasarkan investigasi tersebut Bapepam menyatakan bahwa akuntan publik yang memeriksa laporan keuangan Great River ikut menjadi tersangka. Great River tahun Dalam konteks skandal keuangan di atas, muncullah pertanyaan apakah trik-trik rekayasa tersebut mampu terdeteksi oleh akuntan publik yang mengaudit laporan keuangan tersebut atau sebenarnya telah terdeteksi namun auditor justru ikut mengamankan praktik kejahatan tersebut.

Tentu saja jika yang terjadi adalah auditor tidak mampu mendeteksi trik rekayasa laporan keuangan maka yang menjadi inti permasalahannya adalah kompetensi atau keahlian auditor tersebut. Terkait dengan konteks inilah, muncul pertanyaan seberapa tinggi tingkat kompetensi dan independensi auditor saat ini dan apakah kompetensi dan independensi auditor tersebut berpengaruh terhadap kualitas audit yang dihasilkan oleh akuntan publik.

Restrukturisasi hutang pt great river international

Kualitas audit ini penting karena dengan kualitas audit yang tinggi maka akan dihasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya sebagai dasar pengambilan keputusan. Auditor yang berpengalaman mempunyai pemahaman yang lebih baik atas laporan keuangan.

Mereka juga lebih mampu memberi penjelasan yang masuk akal atas kesalahan-kesalahan dalam laporan keuangan dan dapat mengelompokkan kesalahan berdasarkan pada tujuan audit dan struktur dari sistem akuntansi yang mendasari. Namun sesuai dengan tanggung jawabnya untuk menaikkan tingkat keandalan laporan keuangan suatu perusahaan, maka akuntan publik tidak hanya perlu memiliki kompetensi atau keahlian saja tetapi juga harus independen dalam mengaudit.

Tanpa adanya independensi, auditor tidak berarti apa-apa.USAID INDONESIA URBAN WATER SANITATION AND HYGIENE QUARTERLY PROGRESS REPORT 19 OCTOBER – DECEMBER JANUARY This report is made possible by the support of the American People through the United States Agency for International Development (USAID).

Peter Jeffrey, “International Harmonization of Accounting Standards, and The Question of Off-Balance Sheet Treatment,” Journal of Comparative and International Law, Vol, Duke, Black Tuesday was the beginning of The Great Depression.

The stock market plummeted on this day and the nation trembled in fear. This fear propelled Americans to withdraw their money from banks, for they anticipated the banks to plummet as well.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) issued International Bonds on October 1, in the amount of USD Million with the period of 10 years and return rate of interest 4,%.

In , the Company started to pay interest period I and II on April 1, and October 1, . Ketidakmampuan membayar hutang secara teknis menunjukkan kekurangan likuiditas yang sifatnya sementara, yang jika diselesaikan dengan restrukturisasi hutang oleh para kreditur. Sedangkan pada insolvency Pembahasan Kasus Pt Great River.

Uploaded by. Qka Power Ranger.

Featured Documents

AKL 9. Uploaded by. mirahdave. Kebangkrutan. Uploaded by.5/5(1). Scribd es red social de lectura y publicación más importante del mundo.

Mine: PELANGGARAN ETIKA AKUNTAN DI PT. GREAT RIVER INTERNATIONAL Tbk.